BPMPD Riau Turun ke Kampung Bungaraya

BPMPD

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (BPMPD) Provinsi Riau beserta Tim Penilai Lomba Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Tepat Guna Tingkat Provinsi Riau melakukan penilaian ke Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya, Selasa (10/5).

Tim penilai dipimpin oleh Junaidi terdiri dari unsur pemerintahan yang diwakili oleh BPMPD Riau dan dosen Perguruan Tingi dan Pemerhati Tepat Guna. Kedatangan rombongan disambut pemerintah kecamatan, perwakilan BPMPD Siak dan Penghulu Kampung Bungaraya di Gedung Serba Guna Kampung Bungaraya.

Keberhasilan Bungaraya mewakili Siak berawal dari kreatifitas kelompok Harapan yang dipimpin Asmugin, mereka membuat mesin cetak batu-bata, mesin pembuat sendal dan pemarut kelapa.

“Dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat membuat mesin cetak batu-bata sendiri dan dipasarkan ke pengusaha batu-bata. Hal ini mendapat penilaian bagus, sehingga kelompok harapan dipercaya mewakili Siak,” terang Diky Sofyan.

Mesin cetak batu-bata karya Kelompok Harapan ini mampu mencetak batu-bata 12 ribu/hari. Dengan teknologi ini pengusaha batu-bata bisa meraup keuntungan lebih banyak dibanding cetak manual.

Junaidi menjelaskan, dalam penilaian ke 3 unsur dari BPMPD Riau, akademisi dosen Perguruan Tingi dan Pemerhati Tepat Guna turun bersamaan. Yang pertama dinilai adalah produk yang dihasilkan kelompok masyarakat dengan memanfaatkan teknologi.

Selain itu, indikator penilaian lain adalah sejauh mana pembinaan pihak terkait terhadap kelompok, dan sejauh mana pemberdayan atas teknologi yang dihasilkan dari kreatifitas masyarakat, dan bagaimana pemasaran pruduk tersebut.

Sumber : Riaumandiri.co, Rabu 11 Mei 2016

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *