Lagi, Petani Siak terima Bantuan Traktor, Petani ajak Syamsuar Panen Padi Perdana

padi-bungaraya

BUNGARAYA (Infosiak.com) – Kecerian wajah para petani Kampung Jayapura tak bisa lagi disembunyikan, pasalnya mereka menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 10 unit traktor empat roda (four wheel tractor) dari dana APBN, di Kampung Jayapura Kecamatan Bungaraya, Selasa (4/7/2017) pagi.

Salah seorang perwakilan petani sekaligus pengurus Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Aris Sugandi menyampaikan rasa harunya, karena tak terbilang lagi bantuan yang telah di berikan saking banyaknya.

“Kami terharu, karena banyaknya bantuan yang telah diberikan kepada kami, saking banyaknya tak terbilang lagi,” ujarnya polos.

Ia juga katakan, pihaknya telah melakukan capaian luas tanam yang ditetapkan nasional maupun propinsi sudah melebihi dari target yang ditetapkan. Ini tak luput dari kerjasama dinas terkait dan TNI dalam memajukan usaha tani serta dapat menciptakan suasana manunggaling TNI dengan petani.

Sementara Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi mengatakan, dengan terealisasikannya bantuan traktor sebanyak 10 unit tersebut tentunya sangat membantu bagi para petani yang ada di Kabupaten Siak khususnya pada saat ini di Kecamatan Bungaraya.

“Ini bentuk upaya kerja keras untuk kita bersama, kalau masyarakat makmur, maka bakalan enak ngatur negara. semoga keberhasilan pertanian di Siak ini bisa semakin baik,” ungkap Rizal.

Sebelumnya, Bupati Siak bersama Dandim dan Kepala Dinas Pertanian Kab Siak melalukan panen perdana di lahan seluas 74 hektar milik dua kelompok tani. Hasil panen tersebut bisa mencapai 6 ton dalam satu hektarnya. Rencana panen untuk sekecamatan Bungaraya dengan total luas lahan 2202 ha.

Usai Panen, Bupati Syamsuar berharap para petani bisa mengerjakan sawahnya dengan baik. Pemerintah akan selalu berupaya untuk memberikan bantuan untuk peningkatan produksi padi. Karena menyangkut dengan ketahanan pangan di daerah.

Dijelaskannya, tugas pemerintah merupakan bagaimana untuk bisa mensejahterakan masyarakat, khususnya para petani. Untuk itu ia berharap, dengan dengan bantuan yang diberikan kepada petani bisa memberikan dampak yang baik terhadap kemajuan dan pemanfaatan secara maksimal dalam rangka meningkatkan produksi padi yang ada di daerah Kabupaten Siak ini.

“Bagaimanapun, patut disyukuri dan dijaga bersama sama, jangan sampai adanya impor pangan lagi. Selain itu jangan ada alih fungsi lahan, apa lagi kita sudah ada Peraturan Daerah untuk mengatur. jadi ini harus kita jaga agar tidak adanya salah fungsikan lagi terhadap lahan pertanian khususnya di Kecamatan Bungaraya,” kata Syamsuar.

Dikesempatan yang sama, Bupati Siak didampingi Dandim 0303 Bengkalis, Kadis Pertanian menyerahkan bantuan traktor empat roda kepada Gapoktan Bungaraya, Upja Binakarya, Upja Catur Sena dan Gapoktan Mitra Jaya Sungai Apit.

Turut hadir Camat Bungaraya, Camat Sabak Auh, Camat Sungai Apit, Camat Pusako, jajaran dinas pertanian, Penyuluh lapangan, Penghulu sekecamatan Bungaraya, Tim Dokter dari Puskesmas Bungaraya, jajaran Kodim 0303 Bengkalis serta para gabungan kelompok tani.(rls)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *