KAMPUNG

PROFIL KAMPUNG

 

 Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak terdiri dari Sepuluh Kampung, berikut profil singkat masing-masing Kampung yang ada di Kecamatan Bungaraya:

  1. Kampung Bungaraya

 Kampung Bungaraya Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, terletak di jalan raya Bungaraya yang mana jalan tersebut merupakan jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Siak ke Sei Pakning juga Dumai, Kampung Bungaraya telah ada sejak trans dibuka dan merupakan Kampung pertama setelah ada pemekaran kecamatan maka Kampung Bungaraya dipecah jadi beberapa Kampung. Bungaraya merupakan Kampung yang luas dengan pertanian padinya dan merupakan penghasil beras yang besar jumlah penduduk terdiridari laki-laki 1.707 Jiwa dan Perempuan 1.601 Jiwa jadi jumlah penduduk Kampung Bungaraya adalah 3.308 Jiwa. Dan jarak kantor Kampung Bungaraya dengan Kantor Kecamatan Bungaraya lebih kurang 600 m dan jarak dengan Ibukota Kabupaten Lebih Kurang 25 Km. Kampung Bungaraya terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun Endang Dharma, Dusun Sido Mulyo dan Dusun Tani Jaya.

  1. Kampung Jatibaru

Kampung Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak merupakan Kampung yang telahlama berdiri dan Kampung Jatibaru adalah Kampung Pertanian Padi namun saat ini masyarakat telah beralih pada perkebunan sawit tetapi masih ada masyarakat yang tetap bersawah/menanam padi, Kampung Jatibaru terdiri dari 4 dusun dan 27 RT dan Kampung ini merupakan Kampung yang luas. Jumlah penduduk terdiri dari laki-laki 1.307 jiwa dan perempuan 1.322 jiwa danjumlah penduduk keseluruhan 2.629 jiwa, kondisi wilayah Sebalah Timur berbatasan dengan Kampung Pebadaran Sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Tuah Indrapura, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kampung Kemuning Muda dan Sebelah utara berbatasan dengan Kampung Langsat Permai, jarak Kampung Jatibaru ke Ibukota Kabupaten lebih kurang 26 Km.

  1. Kampung Jayapura

 Kampung Jayapura Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, terletak dijalan Lintas Siak ke Sei Pakning, Dumai. Jarak dari Kampung ke Kecamatan lebih kurang 3 Km dan jarak ke Ibukota Kabupaten Lebih Kurang 20 Km, Kampung Jayapura merupakan dengan penduduk yang heterogen dan bermacam-macam suku tetapi Kampung ini di Dominasi oleh Suku Jawa.

Mata pencaharian masyarakat Kampung Jayapura kebanyakan adalah petani sawah dan dengan program pemerintah persawahan telah di buat saluran perairan dengan baik jadi para petani dapat mengairi sawahnya kapan saja dan apabila musim kemarau bagi petani tidak ada masalah karena adanya persediaan Air yang cukup untuk mengairi sawahnya. Tidak kalah penting sektor perdagangan juga telah marak di Kampung ini karena dengan adanya pasar Kampung yang setiap paginya pasar tersebut beraktivitas menjadikan para Petani dapat menjual hasil produksinya langsung di pasar yang berupa sayur mayur, cabe, jagung, timun dll

Jumlah penduduk Kampung Jayapura terdiri dari laki-laki 1.387 Jiwa, Perempuan 1.335 Jiwa dan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan 2.722 Jwa. Kondisi wilayah Kampung Jayapura yaitu sebelah barat berbatasan dengan Kampung Buantan Lestari, sebelah timur berbatasan dengan Kampung Sei Barbari, Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kampung Bungaraya dan sebelah Utara berbatasan dengan Kampung Buantan Besar Kecamatan Siak. Pemerintahan Kampung Jayapura terdiri dari 1 orang penghulu, Kaur terdiri dari 3 Kaur dan terdiri dari 3 Kadus.

  1. Kampung Kemuning Muda

Kampung Kemuning Muda merupakan Kampung hasil pemekaran dari Kampung Bungaraya dan saat ini Kampung Kemuning Muda sudah mempunyai pemerintahan Kampung sendiri yaitu terdiri dari 3 dusun dan, dan kondisi wilayah sebelah Timur Berbatasan dengan Kampung Bungaraya, sebelah barat berbatasan dengan Tuah Indrapura Sebelah Selatan berbatasan dengan Kampung Buantan Lestari dan Sebelah Utara Berbatasan dengan Kampung Jatibaru. Mata pencaharian masyarakat Kampung Kemuning Muda yaitu Pertanian Padi, dengan hamparan sawah yang begitu luas menjadikan Kampung ini begitu indah dan menarik karena peluang potensi daerah yang cukup tinggi. Jumlah penduduk Kampung Kemuning Muda terdiri dari laki-laki 1.018 jiwa Perempuan  899 jiwa jumlah laki-laki dan perempuan 1.917 jiwa.

  1. Kampung Langsat Permai

Kampung Langsat Permai merupakan Kampung yang mana matapencaharian rata-rata berkebun sawit, awal mulanya sebelum perkebunan sawit masyarakat Kampung Langsat Permai kegiatan sehari-harinya bersawah padi namun dipandang sawit lebih menghasilkan maka masyarakat beralih ke perkebunan sawit, jumlah penduduk Kampung Langsat Permai terdiri dari laki-laki 588 Jiwa dan Perempuan 546 Jiwa jumlah penduduk 1.134 Jiwa. Pemerintahan Kampung Langsat Permai terdiri dari dipimpin oleh 1 Orang Penghulu, satu orang sekretaris Kampung, 3 Orang Kaur dan 3 Orang Kepala Dusun.

  1. Kampung Buantan Lestari

 Wilayah Kampung Buantan Lestari sebelah Timur Berbatasan dengan Kampung Jayapura, sebelah barat berbatasan dengan Kampung Tuah Indrapura, sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Buantan Besar dan Sebelah utara berbatasan dengan Kampung Kemuninng Muda, pada dasarnya matapencaharian masyarakat Kampung Buantan Lestari adalah petani padi dan jumlah penduduk terdiri darilaki-laki 1.026 Jiwa, perempuan 889 jiwa dan jumlah penduduk 1.915 jiwa.

  1. Kampung Tuah Indrapura

Kampung Tuah Indrapura merupakan Kampung Pusat Pertumbuhan dimana Kampung pusat pertumbuhan itu sangat bermanfaat karena para petani diKecamatan Bungaraya dapat menjual hasil produksi dengan jarak yang cukup dekat, dengan pertanian yang luas dan perkebunan yang begitu besar Kampung Tuah Indrapura dapat menjadi pusat perekonomian, Kampung ini terbagi menjadi 3 dusun dalam pemerintahan terdiri dari satu orang kepalaKampung, satu orang sekretaris Kampung, 3 orang kepala urusan dan 3 orang Kepala Dusun. Jumlah penduduk diKampung Tuah Indrapura terdiri dari laki-laki 963 jiwa, perempuan 1.196 jiwa dan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan 2.159 jiwa.

  1. Kampung Suak Merambai

 Pada dasarnya Kampung Suak Merambai merupakan Kampung Baru yang terbentuk dari pemekaran Kampung Sungai Barbari Kecamatan Pusako Kab. Siak dan Kampung Suak Merambai belum memiliki Penghulu namun saat ini memiliki PJ Penghulu untuk sementara, mata pencaharian masyarakat Kampung Suak Merambai yaitu di dominasi oleh perkebunan sawit dan perkebunan karet juga pertanian padi, dan Kampung Suak Merambai ini terdiri dari Dua Dusun.

  1. Kampung Temusai

Kampung Temusai merupakan Kampung baru pemekaran dari Kampung Perincit Kecamatan Pusako dan telah diresmikan menjadi Kampung Temusai tertanggal 1 Januari 2010 dengan letak di Jalan Lintas Siak Sei Pakning jalan merupakan jalan penghubung antar kabupaten dan sangat ramai untuk jalan lintas perdagangan, Masyarakat Kampung Temusai bermata pencaharian didominasi oleh Perkebunan Sawit dan juga pertanian padi, saat ini Kampung temusai terdiri dari Tiga Dusu dan dengan setatus penghulu untuk Kampung baru yaitu PJ penghulu dan tahun ini juga perencanaannya menyelenggarakan Pemilihan Penghulu.

  1. Kampung Dayang Suri

Dayang Suri merupakan Kampung pemekaran dari kecamatan Pusako dan dahulunya Kampung Pebadaran dan Kampung ini terdiri dari Tiga Dusun, mata pencaharian Masyarakat Kampung ini didominasi oleh perkebunan sawit dan dan pertanian padi, saat ini Kampung Dayang Suri bergabung Ke Kecamatan Bungarya sejak terhitung 1 Januari 2010. Letak Kampung Dayang Suri ini di Jalan Lintas Siak Sei Pakning dan jalan ini sangat ramai untuk lintas antar kabupaten dan banyak dilintasi oleh pedagang dan juga lalulintas hasil sawit.