SOP PATEN

Standar Operasional Pelayanan (SOP)

PERIZINAN

(Peraturan Bupati Siak Nomor 42 tahun 2011)

  1. Izin Tempat Usaha Jenis Gangguan Jual Beli HP dan aksesorisnya yang berada pada jalan kela III/jalan lokal dan pada jalan kelas IV/jalan lingkungan;
  2. Izin Tempat Usaha Jenis Gangguan Pembuatan Tegel, Paving Block, genteng dan sejenisnya yang berada pada jalan kela III/jalan lokal dan pada jalan kelas IV/jalan lingkungan;
  3. Izin Tempat Usaha Jenis Gangguan Industri Kerajinan Rumah Tangga;
  4. Izin Tempat Usaha Jenis Gangguan Pembuatan Tempe dan sejenisnya;
  5. Izin Tempat Usaha Jenis Gangguan Pencucian Kendaraan Roda Dua dan Roda Tiga;

SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)

  1. PERSYARATAN
  2. Permohonan dari yang bersangkutan
  3. Pas Photo ukuran 4 x 6 berwarna sebanyak 2 lembar
  4. Fotocopy KTP Pemilik Usaha
  1. Skema Lokasi Usaha
  2. Surat Rekomendasi dari RT, RW dan Desa
  3. Surat Persetujuan Tetangga
  4. Surat Tanah
  5. Surat Perjanjian Sewa Menyewa bila bukan milik pribadi
  6. Surat Pengantar dari Lurah
  7. Lokasi Usaha berada pada jalan kelas III/jalan lokal dan pada jalan kelas IV/jalan lingkungan
  8. Tanda Lunas PBB dua tahun terakhir
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Kelurahan kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 2 (Dua) hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 07 Tahun 2000
  2. Peraturan Bupati Siak Nomor 02 Tahun 2011

NON PERIZINAN

(Peraturan Bupati Siak Nomor 42 tahun 2011)

  1. Rekomendasi Izin Gangguan (HO)
  2. Pembuatan Kartu Keluarga (KK)
  3. Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Registrasi Keterangan Ahli Waris
  5. Surat Keterangan Datang
  6. Surat Keterangan Pindah
  7. Surat Keterangan
  8. Surat Keterangan Domisili
  9. Legalisir/Verifikasi surat Tanah
  10. Akta Tanah
  11. Rekomendasi Pendidiran Tower
  12. Rekomendasi Pendirian Klinik
  13. Rekomendasi Proposal
  14. Rekomendasi Izin Penelitian
  15. Rekomendasi Izin pendaftaran lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial
  16. Surat Keterangan tidak Mampu (SKTM)

REKOMENDASI IZIN GANGGUAN (HO)

  1. PERSYARATAN
  1. Surat permohonan bermaterai 6000
  2. Mengisi formulir non perizinan
  3. Surat rekomendasi dari Desa
  4. Fc.  Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fc surat tanah/surat perjanjian sewa tanah
  6. Denah lokasi
  7. Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga di ketahui Lurah
  8. Fc. Tanda lunas pajak 2 (dua) tahun terakhir
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM

Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 08 Tahun 2000

  1. Peraturan Bupati Siak Nomor 02 Tahun 2011

KARTU KELUARGA (KK)

  1. PERSYARATAN
  1. Blangko F 1.01 dan F 1.15 yang sudah ditandatangani Desa
  2. Izin tinggal tetap dan kartu identitas tempat tinggal bagi orang asing
  3. Pengantar RT, RW
  4. Kartu Keluarga Asli dan fotocopy
  5. Fc. Akta Nikah
  6. Fc. Akta Kelahiran
  7. Surat keterangan datang (SKD) bagi pendatang
  8. Surat Keterangan hilang dari Lurah jika Kknya hilang
  9. Fc KK yang hilang
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM

Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)

  1. PERSYARATAN
  1. Fc. Kartu Keluarga
  2. Pengantar RT, RW
  3. Asli KTP lama untuk perpanjangan KTP
  4. Pas Photo ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  5. Fc. Akte Kelahiran
  6. Blangko F1.01 yang sudah ditandatangani Desa
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Pencatatan Sipil

REGISTRASI KETERANGAN AHLI WARIS

  1. PERSYARATAN
  1. Surat Keterangan kematian dari Desa
  2. Surat pernyataan ahli waris
  3. Surat Keterangan Ahli Waris yang sudah ditandatangani Desa
  4. Surat Kuasa Waris yang sudah ditandatangani Desa
  5. Pengantar RT, RW
  6. Fc. KK yang meninggal
  7. Fc. KK dan KTP para Ahli Waris
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Pencatatan Sipil

SURAT KETERANGAN DATANG

  1. PERSYARATAN
  1. Pengantar RT, RW
  2. Surat Keterangan Pindah (SKP) dari daerah asal
  3. Biodata F 1.07
  4. SKCK dari daerah asal
  5. Blangko Permohonan Pindah Datang F 1.39 atau F 1.55 yang sudah ditandatangani Desa
  6. Pas Photo Kepala Keluarga 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  7. Fotocopy Akta Nikah
  8. Fotocopy Akta Kelahiran Anak
  9. Asli e-KTP bagi pemegang e-KTP
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

SURAT KETERANGAN PINDAH

  1. PERSYARATAN
  1. Pengantar RT, RW
  2. Formulir F 1.42 dari Desa
  3. KK dan KTP Asli
  4. Asli e-KTP bagi pemegang e-KTP
  5. Pas Foto 3 x 4 sebanyak 2 Lembar
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

Pelayanan Surat Keterangan Pindah yang dilayani oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Siak adalah Kategori pindah antar Kabupaten/Kota dalam satu Propinsi atau Antar Propinsi.

SURAT KETERANGAN

  1. PERSYARATAN
  1. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP
  2. Surat Pengantar dari RT RW
  3. Surat Pengantar dari Desa
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM

Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 08 Tahun 2000

SURAT KETERANGAN DOMISILI

  1. PERSYARATAN
  1. Asli Kartu Keluarga (KK) dan KTP
  2. Surat Pengantar dari Desa
  3. Surat Pengantar dari RT RW
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi permohonan mulai dari RT RW dan Desa kemudian diteruskan Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 hari kerja

  1. DASAR HUKUM

Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 08 Tahun 2000

LEGALISIR/VERIFIKASI SKGR

  1. PERSYARATAN
  1. Berkas  Asli
  2. Fotocopy Berkas yang akan dilegalisir
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 (Satu) hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 07 Tahun 2000
  2. Peraturan Bupati Siak Nomor 02 Tahun 2010

AKTA TANAH

  1. PERSYARATAN
  1. Asli AJB/SKT/SKGR/Akta Hibah/Sertifikat
  2. Peta Bidang Persil Tanah yang sudah ditandatangani Desa dan Kasipem Kecamatan
  3. Fotocopy KTP Pembeli dan Penjual
  4. Fotocopy Alas Hak Sempadan
  5. Akta Kematian, Surat Pernyataan Waris dan Surat Kuasa Waris bila pemilik tanah sudah wafat. Diketahui oleh Desa dan Camat setempat.
  6. Surat Keterangan Pindah Wilayah dari Desa bila terjadi pemekaran.
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 2 (Dua) hari kerja

  1. DASAR HUKUM
  1. Peraturan Kabupaten Siak 37 Tahun 1997
  2. Peraturan Mentri Negara Agraria  Nomor 04 Tahun 1999

REKOMENDASI IZIN TOWER

  1. PERSYARATAN
  1. Asli AJB/SKT/SKGR/Akta Hibah/Sertifikat
  2. Fotocopy KTP Pemilik /Pemohon
  3. Surat Pernyataan Persetujuan Warga Sekitar
  4. Rekomendasi RT, RW dan Desa
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 2 (Dua) hari kerja

REKOMENDASI IZIN KLINIK

  1. PERSYARATAN
  1. Asli AJB/SKT/SKGR/Akta Hibah/Sertifikat
  2. Fotocopy KTP Pemilik /Pemohon
  3. Surat Pernyataan Persetujuan Warga Sekitar
  4. Rekomendasi Dari Badan Lingkungan Hidup
  5. Rekomendasi Dari Dinas Kesehatan
  6. Rekomendasi RT, RW dan Desa
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 2 (Dua) hari kerja

REKOMENDASI PROPOSAL

  1. PERSYARATAN

Proposal asli dan fotocopy yang sudah ditandatangani Desa

  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 (Satu) hari kerja

REKOMENDASI IZIN PENELITIAN

  1. PERSYARATAN
  1. Surat permohonan
  2. Fc. KTP atau Kartu Mahasiswa
  3. Rekomendasi dari Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Siak
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 (Satu) hari kerja

REKOMENDASI IZIN PENDAFTARAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT

  1. PERSYARATAN
  1. Surat Permohonan
  2. Surat Pengantar dari RT RW
  3. Memiliki AD/ART
  4. Fc. Akta notaris
  5. Rekomendasi dari Desa
  6. Rekomendasi dari dinas sosial
  7. Memilik program kerja yang jelas
  8. Daftar/data anak asuh/klien yang akan disantuni
  9. Daftar susunan pengurus lengkap beserta alamatnya
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 (Satu) hari kerja

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

  1. PERSYARATAN
  1. Surat Keterangan tidak mampu dari Desa
  2. Fc. Kartu Keluarga (KK)
  3. Fc. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Laporan hasil verifikasi keluarga kurang mampu yang sudah ditandata gani RT, RW, Desa dan Puskesmas
  1. PROSEDUR

Pemohon melengkapi semua persyaratan dan kemudian menyerahkannya Kepada Petugas Pelayanan di Kecamatan

  1. JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pengurusan di Kecamatan Maksimal 1 (Satu) hari kerja